Serajin Apakah Para Guru Belajar?

Makian Diri

Siswa di sekolah selalu mendengarkan saran dari guru agar dirinya selalu belajar, rajin belajar, giat belajar, bersemangat belajar. So… apakah para guru itu juga rajin belajar, mencermati apa yg akan diajarkannya? Jika guru itu juga punya aktivitas belajar serajin yg ia sarankan kepada muridnya, maka guru akan menjadi pintar terkait penguasaan materi pengajarannya, menguasai teknik pengajarannya, membuat siswanya selalu tertarik dengan pelajaran yg dibawakannya. Namun apa yg terjadi di kebanyakan sekolah di negeri ini?

Banyak materi pelajaran yang semestinya ia kuasai menjadi mentah dan dangkal. Lebih-lebih metode pengajarannya di garansi bakal lebih parah. Inilah salah satu penyebab payahnya pendidikan di negeri ini. Kalau sang murid malas belajar ini adalah imbas dari sang guru yg tidak rajin belajar juga. Dalam hal ini guru enggan untuk mau bertukar pikiran dengan rekan sejawatnya dengan niat untuk memperbaiki dirinya. Banyak waktu terbuang ketika sesama guru bertemu membahas hal-hal diluar dari apa yg semestinya di bahas layaknya seorang guru. Kadang ada guru yang merasa malu jika mendiskusikan terkait bahan yg ia ajarkan padahal banyak yg ia sendiri tidak pahami. Naif sekali jika hal ini sampai terjadi. Jika tiap saat guru mau berdiskusi entah dengan guru serumpun atau guru mata pelajaran berlainan sekalipun, maka suasana di ruang kerja menjadi ruang pembelajaran bagi guru, yg tentu saja tidak harus formil layaknya sedang sidang.

Suatu ketika guru berkumpul disela menunggu jam mengajarnya malah dijadikan ajang ngerumpi tak berguna yg kadang berdampak miring dan tidak sepantasnya dilakukan para pendidik. Waktu belajar buat para guru sia-sia. Barangkali para guru yg seperti itu sudah merasa ilmu yg ia kuasai sudah cukup atau bahkan merasa lebih dari cukup. Sombong sekali sepertinya. Ritme kerja guru jika sama dengan para pegawai di bank, maka pendidikan di negeri ini akan segera menggeliat dan akan menghasilkan manusia terdidik yg hebat dari sisi manapun. Tapi nyatanya…

Sebagai seorang guru dituntut untuk selalu belajar sampai kapanpun dan tentang apapun terkait apa yg menjadi bagian pelajaran yg diajarkannya. Sudahkah semua guru melakukannya secara serius? Jawabannya ada dalam diri kita masing-masing sebagai pengajar/pendidik. Setiap guru akan dapat memperkirakan akan keberhasilannya dalam pengajaran hanya dengan melihat kemampuan diri baik penguasaan materi pelajaran maupun penguasaan kelas/ teknik pengajarannya. Instropeksi diri jauh akan lebih baik dibandingkan jika kita di koreksi pihak lain. Dan hal ini tentu tidak perlu menunggu sampai saat tertentu. Tapi mulai saat ini wajib kita lakukan. Beranjak untuk selalu memperbaiki diri, memperbaiki penguasaan materi serta mencoba terobasan baru sehingga berbagai persoalan dalam pengajaran terselesaikan.

Secara formal berbagai perangkat dibuat guru dengan terpaksa ia buat namun hanya sebatas itu maka ke sia-sianlah yg ia dapat. Tak ada manfaat berarti buat pengembangan kemampuannya terkait profesionalisme sebagai guru. Supervisi yg dilakukan atasanpun menjadi tidak berarti jika ia lakukan hanya sebagai formalitas belaka lepas dari esensi maksud supervisi untuk perbaikan-perbaikan buat pihak yg disupervisi. Kepura-puraan dalam segala hal hanya akan menghasilkan kesemuan. Termasuk dalam hal pengajaran di sekolah.

Lantas jika demikian pantaskah guru disebut sebagai guru? Mari kita simak ke dalam diri…
sumber tulisan : http://urip.wordpress.com/2009/10/26/serajin-apakah-para-guru-belajar/