Planet seperti Bumi (mungkin) ditemukan tahun 2011

Berdasarkan seluruh data yang sudah masuk dan sudah dianalisis, dua profesor asal Harvard dan University of California, Santa Cruz, memprediksi penemuan planet yang bisa dihuni seperti Bumi akan terjadi pada tahun 2011. Mereka bahkan bisa lebih spesifik: Mei 2011.

Mereka memprediksi itu menggunakan hitungan matematika yang sangat rumit, menggunakan berbagai variabel dan melibatkan banyak rumus. Semua itu untuk menghitung berbagai data mengenai seluruh planet hasil observasi Kepler milik NASA. Hasil perhitungan itu menghasilkan sebuah nilai yang mereka sebut dengan "habitality metric" yang mewakili temperatur dan massa planet sehingga mampu dihuni oleh manusia.

Berdasarkan metrik yang dibuat, mereka mengetahui kalau sebagian besar planet yang sudah ditemukan kebanyakan berupa gas, sementara beberapa planet lain merupakan bebatuan es. Berdasarkan statistik, menurut para peneliti, sepertinya tidak lama lagi manusia akan menemukan planet seperti Bumi yang dapat dihuni. "Menurut statistik dan analisis seluruh data mengenai penemuan planet, kami memprediksi planet yang dapat dihuni akan ditemukan pada paruh awal tahun 2011, tepatnya awal Mei 2011," tulis Profesor Samuel Arbesmans dan Profesor Gregory Laughlins pada jurnal mereka.