Penyusunan Proposal / Usulan Penelitian Tindakan Kelas

A.  Penyusunan Proposal / Usulan Penelitian Tindakan Kelas
Kerja penelitian dimulai dengan membuat rencana. Rencana penelitian umumnya disebut proposal atau usulan penelitian. Dengan demikian usulan penelitian merupakan langkah pertama dari kerja penelitian. Pada umumnya proposal PTK terdiri atas komponen-komponen berikut.
1. Judul PTK
Judul dinyatakan dengan kalimat sederhana, namun tampak jelas maksud tindakan yang akan dilakukan dan di mana penelitian dilaksanakan, jika diperlukan cantumkan semester/tahun ajaran.
Berikut contoh judul PTK:
•  Penggunaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Untuk Melatihkan Keterampilan Teknologi Pada Kegiatan Rancang Bangun Karya Listrik di Kelas V SD.
•  Penggunaan Alat Peraga APIUK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP.
•  Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Biologi.
•  Peningkatan Keterampilan Menginfer dan Menginterpretasikan Data Dalam Pelajaran IPA di SMP Pada Topik Perpindahan Energi Dengan Model Pembelajaran Induktif.
2. Bab Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisikan tentang penjelasan:
a  Latar belakang
Dalam latar belakang dijelaskan kondisi objektif yang mengharuskan dilaksanakannya PTK. Kondisi ini merupakan hasil identifikasi guru terhadap masalah pembelajaran yang dilaksanakan. Masalah yang diteliti benar-benar masalah pembelajaran yang terjadi dan mendesak untuk dipecahkan, serta dapat dilaksanakan ditinjau dari ketersedian waktu, biaya, daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian tersebut. Di samping itu, kemukakan kondisi pembelajaran yang seharusnya dilakukan dan kondisi yang ada sehingga jelas terdapat kesenjangan yang merupakan masalah yang menuntut untuk dicari solusinya melalui PTK. Secara garis besar dikemukakan juga tindakan yang akan dilakukan pada subjek pelaku tindakan dan menjelaskan mengapa tindakan tersebut diberikan. Pada bagian pendahuluan, penulis boleh sedikit menyinggung teori yang melandasi diajukannya ide atau gagasan untuk mengatasi masalah.
b  Perumusan Masalah
Rumuskan masalah dalam bentuk rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan.
Contoh rumusan masalah:
Judul PTK
Rumusan Masalah
Penggunaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Untuk Melatihkan Keterampilan Teknologi Pada Kegiatan Rancang Bangun Karya/Alat Listrik di Kelas V SD. Apakah penerapan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat dapat melatihkan keterampilan teknologi pada kegiatan rancang bangun karya/ Alat Listrik pada siswa kelas V SD?
Penggunaan Alat Peraga APIUK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP Apakah penggunaan Alat Peraga APIUK dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP?
Peningkatan Keterampilan Menginfer dan Menginter-pretasikan Data D alam Pelajaran IPA di SMP Pada Topik Perpindahan Energi Dengan Model Pembelajaran Induktif. Bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan siswa dalam menginfer dan menginterpretasikan data pada topik Perpindahan Energi melalui model Pembelajaran Induktif?
Pada awalnya, mengidentifikasi masalah adalah sulit, namun ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu kita dalam mengidentifikasi masalah PTK. Hopkins (1993:63) mengemukakan beberapa pertanyaan untuk membantu memfokuskan permasalahan, yaitu:
•  Apa yang sekarang sedang terjadi?
•  Apakah yang sedang berlangsung itu mengandung permasalahan?
•  Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasinya?
•  Apakah yang ingin saya perbaiki?
•  Adakah gagasan yang ingin saya cobakan di kelas saya?
Setelah terindentifikasi fokus masalah PTK, untuk membantu menentukan masalah yang akan dipilih, jawablah pertanyaan berikut:
•  Apakah dengan fokus tersebut anda dapat memperbaikinya?
•  Apakah orang lain juga merasakan hal yang kurang beres itu?
•  Apakah anda merasa kebingungan dengan apa yang ditemukan?
•  Apakah anda semakin terdorong untuk mencari solusi untuk permasalahan itu?
Rumusan masalah hendaknya juga memberikan informasi tentang what (apa yang dipermasalahkan; who( siapa yang terlibat sebagai objek masalah); where (dimana terjadinya masalah); when (kapan terjadinya masalah); dan how (bagaimana penyimpangan).
Berikut ini contoh masalah yang bersifat umum:
�Minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA rendah�
Dari masalah yang bersifat umum di atas, dapat dispesifikkan sebagai berikut:
� Lebih dari 70% minat dan aktivitas siswa kelas VII SMP SEDEC Bandung pada tahun 2007 terhadap pelajaran IPA rendah�.
Dari masalah di atas dapat ditelusuri hal-hal berikut:
•  Apa yang menjadi masalah? ( minat dan aktivitas siswa terhadap pelajaran IPA )
•  Siapa yang mengalami masalah? ( siswa kelas VII)
•  Di mana masalah itu terjadi? ( di kelas VII SMP SEDEC Bandung)
•  Kapan masalah itu terjadi? ( tahun 2007)
•  Berapa banyak siswa yang mengalami masalah? ( lebih dari 70%)
 
c  Pemecahan Masalah
Pada bagian ini uraikan alternatif tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah. Pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang diteliti hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara pemecahan masalah ditentukan berdasarkan pada akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan yang jelas dan terarah.
Untuk mencari akar penyebab timbulnya masalah dapat ditelaah dengan menjawab beberapa pertanyaan, misalnya:
•  Bagaimanakah suasana belajar siswa dalam pelajaran IPA?
•  Apakah metode/pendekatan/model pembelajaran yang digunakan guru menarik?
•  Apakah pembahasan mata pelajaran IPA menyentuh lingkungan siswa sehari-hari?
Dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diduga menjadi akar masalah, anda dapat menentukan alternatif pemecahan masalah.
 
d  Tujuan penelitian
Tujuan penelitian merupakan proses yang akan dilakukan atau kondisi yang dinginkan setelah dilaksanakannya PTK. Tuliskan tujuan penelitian yang ingin dicapai secara singkat dan jelas dengan mengacu pada permasalahan penelitian dan dapat diukur tingkat pencapaian keberhasilannya.
Contoh:
Judul
Permasalahan
Tujuan
Penggunaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Untuk Melatihkan Keterampilan Teknologi Pada Kegiatan Rancang Bangun Karya/Alat Listrik di Kelas V SD. Apakah penerapan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dapat melatihkan keterampilan teknologi pada kegiatan rancang bangun karya/ Alat Listrik pada siswa kelas V SD? Ingin mengetahui:
•  Keterlaksanaan model pembelajaran STM dalam melatihkan keterampilan teknologi pada kegiatan rancang bangun karya/ Alat Listrik pada siswa kelas V SD.
•  Keterampilan-keterampilan teknologi apa saja yang muncul dan dapat dilatihkan pada pembelajaran rancang bangun karya Listrik di SD kelas VI dengan model pembelajaran STM
Penggunaan Alat Peraga APIUK Untuk Mening-katkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP Apakah penggunaan Alat Peraga APIUK dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Lambang Unsur dan Rumus Kimia di Kelas VII Semester 1 SMP? •  Ingin mengetahui seberapa tinggi hasil penguasaan siswa terhadap materi lambang unsur dan rumus kimia dengan menggunakan alat peraga APIUK.
•  Ingin memperoleh pendapat (kesan dan respon) siswa tentang pelaksanaan pembela-jaran lambang unsur dan rumus kimia dengan menggunakan alat peraga APIUK
Peningkatan Keterampilan Menginfer dan Menginterpretasikan Data Dalam Pelajaran IPA di SMP Pada Topik Perpindahan Energi Dengan Model Pembelajaran Induktif. Bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan siswa dalam menginfer dan menginterpretasikan data pada topik Perpindahan Energi melalui model Pembelajaran Induktif? •  Meningkatkan keterampilan siswa dalam menginfer dan menginterpretasikan data
•  Meningkatkan hasil belajar siswa
 
e  Manfaat Hasil penelitian
Pada bagian ini uraikan kontribusi hasil penelitian baik dari segi pengembangan teori (tapi tidak terlalu ambisius) dan praktik terhadap pengembangan kualitas pembelajaran sehingga tampak manfaatnya bagi guru dan siswa, maupun komponen pendidikan di sekolah lainnya. Kemukakan inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini.
 
3. Kajian Teori/Kajian Pustaka
Pada bagian ini diuraikan dengan jelas kajian-kajian teori yang mendukung permasalahan yang dibahas dalam penelitian dan mendasari usulan proposal PTK. Di samping teori-teori yang relevan dengan masalah yang akan dicari solusinya, kemukakan juga temuan dan atau hasil/bahan penelitian lain yang mendukung pilihan tindakan untuk mengatasi permasalahan yang dikemukakan. Kajian pustaka juga digunakan untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan dgunakan dalam penelitian.
 
4. Metode Penelitian (Rencana dan Prosedur Penelitian)
Pada bagian ini diuraikan secara jelas seting penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan subjek penelitian, waktu, lamanya tindakan, serta lokasi penelitian secara jelas . Contoh: subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 58 Bandung berjumlah 40 orang terdiri atas 20 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan dengan tingkat kemampuan siswa rata-rata. Penelitian akan dilakukan pada bulan Januari s. d April tahun 2007.
Prosedur atau rencana tindakan dituliskan secara rinci mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi serta evaluasi. Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan indikator keberhasilan yang dicapai setiap siklus sebelum pindah ke siklus berikutnya. Jumlah siklus sebaiknya lebih dari satu. Untuk dapat membantu menyusun bagian ini, disarankan untuk menuliskan pokok-pokok rencana kegiatan dalam suatu tabel. Contohnya sebagai berikut.
Contoh Pokok-pokok Rencana Kegiatan
Siklus I
Refleksi awal


Perencanaan
•  Menganalisis hasil pembelajaran dengan pada topik tertentu
•  Identifikasi masalah yang terjadi , menyusun hipotesis tindakan
•  Mendiskusikan apa yang harus disiapkan
•  Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
•  Menentukan materi pokok
•  Mengembangkan skenario pembelajaran dengan model pembelajaran
•  Menyusun LKS
•  Menyiapkan sumber belajar
•  Mengembangkan format/instrumen evaluasi
•  Mengembangkan format observasi
Tindakan •  Menerapkan tindakan mengacu pada skenario pembelajaran
Observasi •  Melakukan observasi dengan menggunakan format observasi
•  Menilai hasil tindakan
Refleksi •  Melakukan evaluasi dari setiap macam tindakan yang telah dilakukan
•  Mendiskusikan hasil evaluasi
•  Memperbaiki pelaksanaan tindakan sesuai hasil evaluasi
Siklus II
Perencanaan •  Identifikasi masalah yang muncul dari perlakuan pada siklus 1
•  Penetapan alternatif pemecahan masalah
•  Pengembangan program tindakan II
Tindakan •  Pelaksanaan program tindakan II
Observasi •  Melakukan observasi terhadap pelaksanaan program tindakan II dengan menggunakan format observasi
•  Menilai hasil tindakan
Refleksi •  Melakukan evaluasi dari setiap macam program tindakan II yang telah dilakukan
•  Mendiskusikan hasil evaluasi
Siklus berikutnya
dst Dst
Sumber: Suhardjono: (2006: 70-71)
Di dalam bagian metodologi juga diuraikan prosedur pengumpulan data yang mencakup teknik pengumpulan data (apakah menggunakan teknik wawancara, tes, dokumen, observasi, dll), instrumen yang digunakan, serta cara mengolah data.

5. Jadwal penelitian
Pada bagian ini dijelaskan rencana jadwal penelitian yang meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian. Umumnya jadwal penelitian disajikan dalam bentuk gambar diagram atau tabel.
Tabel 3.1 Contoh Jadwal Penelitian
No
Rencana Kegiatan
Waktu (minggu ke)
1
2
3
4
5
6
1. Persiapan            
  Menyusun perangkat pembelajaran          
  Menyiapkan alat dan bahan            
  Menyusun instrumen            
2 Pelaksanaan            
  Menyiapkan kelas            
  Melakukan tindakan siklus 1            
  Melakukan tindakan siklus II            
3 Penyusunan Laporan            
  Menyusun konsep laporan            
  Seminar Hasil penelitian            
  Perbaikan laporan            
  Penggandaan laporan