Pelestarian Bumi : Mal Ciputra Kumpulkan 50.000 Botol Bekas

Untuk mendukung kampanye pelestarian lingkungan, salah satu mal di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Mal Ciputra, menggelar program Go Green, Botol Plastik Air Mineral Bekas dan Pelestarian Bumi.
Melalui program ini, mereka mengajak para pengunjung dan tenant Mal Ciputra untuk mengumpulkan botol-botol minuman bekas. Menurut Rida Kusrida, Public Relations Mal Ciputra, botol-botol ini dikumpulkan untuk selanjutnya dibuat karya-karya seni.

"Target kita bisa dapat 50.000 botol bekas. Nanti tujuan utama kita adalah buat pohon natal terbesar untuk menyambut Natal tahun ini," ujarnya saat ditemui di kounter Go Green di Mal Ciputra lantai LG, Jakarta Barat, Jumat (15/10/2010) sore.

Program pengumpulan botol bekas ini sebenarnya telah dimulai sejak tanggal 28 September lalu. Rencananya, program ini akan diakhiri pada tanggal 6 Desember esok. Sampai saat ini, menurut Risda, pihaknya telah berhasil mengumpulkan sekitar 20.000 botol dari berbagai ukuran.

"Semakin ke sini makin ramai. Sekarang kalau hari biasa tiap hari rata-rata sampai 1.300 botol. Kalau weekend malah sampai 2.000 botol," ucapnya. Untuk menarik para pengunjung mal, pihak Mal Ciputra juga menyediakan undian bagi masyarakat yang memberikan botol bekas.

Pengelola Mal Ciputra menyiapkan sebuah iPad, sebuah Blackberry Onyx, dan 10 voucer belanja sebesar Rp 250.000 bagi masyarakat yang memenangi undian.

"Tapi undian ini hanya untuk customer saja. Sistemnya setiap orang yang mengumpulkan botol akan dicatat namanya untuk diundi. Tidak ada jumlah minimal botol yang dikasih. Satu botol juga tidak masalah," ungkap Rida. Undian ini akan diundi pada tanggal 10 Desember 2010.
@kompas.com