Keunggulan dan Keterbatasan Penelitian Tindakan Kelas

H. Keunggulan dan Keterbatasan Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas memiliki keunggulan sebagai berikut :

• praktis dan langsung relevan untuk situasi yang aktual;
• menyediakan kerangka kerja yang teratur untuk pemecahan masalah dan pengembangan-pengembangan baru yang lebih unggul dari cara-cara yang ada sebelumnya;
• berdasarkan pada observasi yang nyata dan obyektif, bukan berdasarkan pada pendapat subyektif atas dasar pengalaman masa lampau;
• fleksibel dan adaptif, yaitu memperbolehkan untuk mengadakan perubahan-perubahan selama dalam masa penelitian dan mengorbankan kontrol demi kepentingan inovasi;
• dapat digunakan untuk inovasi pembelajaran;
• dapat digunakan untuk mengembangkan kurikulum di tingkat kelas; dan
• dapat digunakan untuk meningkatkan kepakaran atau profesionalisme guru.

Adapun beberapa keterbatasan Penelitian Kelas adalah:

• kurang tertib ilmiah, karena validitas internal dan eksternalnya lemah;
• tujuan penelitiannya bersifat situasional;
• sampelnya terbatas sehingga kurang representatif dan kontrolnya terhadap variabel bebas sangat sedikit.

Dengan kelemahan-kelemahan tersebut, dan walaupun hasil penelitiannya berguna bagi dimensi praktis dalam situasi tertentu, namun PTK secara tidak langsung memberikan sumbangan kepada dunia ilmu pengetahuan, khususnya dunia pendidikan.