Jika mobil saling berkomunikasi tentang kemacetan...

Massachusetts Institute of Technology (MIT), lewat proyek mereka yang bernama CarTel, berusaha mewujudkan sebuah konsep komunikasi antarmobil untuk memberikan informasi cepat mengenai lalu lintas di tempat yang dilalui.

Ide ini memanfaatkan berbagai data--lokasi, kecepatan, cuaca, dan lain-lain--yang dikumpulkan lewat perangkat GPS (Global Positioning System) dan koneksi Internet nirkabel. Data tersebut lalu diolah menggunakan suatu program lalu informasi hasil olahan disampaikan ke mobil lain.

Perangkat ini dibuat untuk menolong orang saat hendak bepergian. "Tujuan kami adalah membantu orang merencanakan perjalanan. Kami ingin agar waktu yang Anda buang di mobil jadi minimal," jelas Hari Balakrishan, seorang profesor ilmu komputer di MIT yang merangkap jadi peneliti untuk CarTel.

Proyek CarTel ini sudah berumur 4 tahun, tapi akhir-akhir ini, para peneliti mengumumkan penemuan algoritma pemrograman baru yang membuat komunikasi jadi lebih efektif. Pengiriman informasi dengan cepat sangat penting dan tergantung pada sensor yang digunakan. CarTel menggunakan sensor yang bisa menerima 600 poin data dalam waktu 1 detik.